10 Adab Makan dan Minum dalam Islam Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Jul 26, 2019
Informasi PAFI

Makan dan minum merupakan dua aktivitas yang dilakukan setiap hari oleh setiap individu. Namun, dalam Islam, ada tata cara atau adab tertentu yang perlu diperhatikan agar mendapatkan pahala dan keberkahan. Rasulullah SAW telah mengajarkan beberapa adab makan dan minum yang harus dilaksanakan oleh umat Islam. Berikut adalah 10 adab makan dan minum sesuai anjuran Rasulullah SAW:

1. Membaca Doa sebelum dan sesudah Makan

Sebelum memulai makan, hendaknya kita membaca doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, "Bismillah" (Dengan nama Allah) dan setelah selesai makan, "Alhamdulillah" (Segala puji bagi Allah). Dengan membaca doa ini, Allah SWT akan memberkahi makanan yang kita konsumsi.

2. Menggunakan Tangan Kanan

Rasulullah SAW juga mengajarkan agar menggunakan tangan kanan saat makan dan minum. Hal ini merupakan tanda kebersihan dan sunnah yang dianjurkan untuk diteladani.

3. Menyisihkan Bagian Makanan

Ketika makan dalam satu wadah bersama-sama, hendaknya kita tidak mengambil makanan pilihan dan membiarkan makanan yang lain. Rasulullah SAW mencontohkan bahwa menyisihkan bagian makanan untuk orang lain adalah perbuatan yang dianjurkan.

4. Makan dalam Porsi yang Wajar

Mengonsumsi makanan dalam porsi yang wajar merupakan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Jangan berlebihan dalam makan karena hal tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh dan menjauhkan diri dari perilaku mubazir.

5. Berdoa setelah Minum

Setelah minum, Rasulullah SAW juga mengajarkan untuk berdoa, "Alhamdulillahilladzi at'amana wasaqaana waja'alna minal muslimin" (Segala puji bagi Allah yang memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami sebagai orang-orang Islam).

6. Mengunyah Makanan dengan Sempurna

Menurut ajaran Islam, sebaiknya seseorang mengunyah makanan dengan baik dan sempurna sebelum menelan. Hal ini penting untuk memudahkan proses pencernaan dan penyerapan nutrisi oleh tubuh.

7. Menjauhi Pemborosan

Rasulullah SAW menganjurkan umat Islam untuk menjauhi perilaku pemborosan dalam makanan dan minuman. Hal ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah yang telah memberikan rezeki.

8. Bersyukur atas Nikmat Makanan

Ketika menikmati hidangan, jangan lupa untuk bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat makanan dan minuman yang diberikan. Rasulullah SAW mengajarkan pentingnya rasa syukur dalam menjalani kehidupan.

9. Menghindari Makanan yang Haram

Sebagai umat Islam, kita harus menghindari konsumsi makanan yang haram atau tidak halal. Rasulullah SAW menekankan pentingnya menjaga kebersihan dan kehalalan makanan yang dikonsumsi.

10. Mendoakan Orang yang Menyajikan Makanan

Jika kita dijamu atau disuguhkan makanan oleh seseorang, sebaiknya kita mendoakan kebaikan bagi orang yang menyajikan makanan tersebut. Dengan berbuat demikian, kita akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Demikianlah 10 adab makan dan minum dalam Islam sesuai anjuran Rasulullah SAW. Dengan mematuhi adab-adab tersebut, diharapkan keberkahan dan kemurahan rezeki akan senantiasa mengiringi langkah umat Islam dalam menjalani kehidupan sehari-hari.